VARIASI DALAM CAHAYA

Cahaya merupakan bagian penting dalam fotografi sehingga membuatnya terus kembali dibahas! Namun, adabeberapa perbaikan untuk beberapa ide itu, yang bisa membantu Anda lebih baik dalam memotret foto hitam dan putih. Sebagaiawalnya, cahaya jelas bisa memengaruhi tonalitas dalam foto hitam dan putih, plus cahaya berpengaruh besar pada tekstur.

PEMISAHAN CAHAYA

Merupakan cahaya manapun yang menerangi bagian pemandangan Anda dan membuat sebagian cahaya lain sehingga memisahkan dan mendefinisikan elemen-elemen visual gambar tersebut. Cahaya tipe ini sangatlah berguna dalam fotografi landscape hitam dan putih karena bisa membantu Anda mendefinisikan komposisi Anda melalui penggunaan kontras tone.

Pemisahan cahaya bisa sungguh membuka landscape Anda dan menyoroti perbedaan elemen-elemen di dalamnya.

Pemisahan cahaya sering kali merupakan cahaya yang datang dari belakang subjek dan mengarah kekamera, meskipun di belakang subjek dan kearah satu juga bisa. Cahaya yang datang dari belakang subjek dan mengarah kekamera bisa menyebabkan flare. Flare tidak pernah Cuma satu hal flare bervariasi sesuai dengan lensa yang Anda gunakan (lensa zoom terutama rentan) dan sudut Anda kearah cahaya. Tudung lensa bisa membantu melindungi lensa dari sentuhan jari atau hal lain yang mungkin menyentuh lensa secara tidak sengaja.

CAHAYA DRAMATIS

Cahaya dramatis berguna untuk fotografi landscape mana pun. Terutama penting untuk foto hitam dan putih, di mana Anda hanya memiliki tonalitas scene itu untuk mendefinisikannya. Cahaya dramatis memberikan Anda perubahan dramatis dalam tonalitas dari area terangke area gelap. Terutama memberikan bayangan kuat yang bisa menguatkan tonalitas foto Anda.

Bayangan membantu medefinisikan bentuk dan membuat tekstur muncul. Cahaya sisi (side light) adalah cahaya penting bagi banyak foto hitam dan putih karena bagus untuk keduanya. Mulailah mencari bayangan dan apa pengaruhnya dalam landscape hitam dan putih. Anda, tapi ingat juga meskipun bayangan bisa membantu, bayangan juga bisa membuat jelek. Jika berada di tempat yang salah berlawanan dengan scene, bayangan juga bisa mengganggu dan ini terutama berpengaruh dalam foto hitam dan putih.

Cahaya dramatis menjadi sangat efektif dalam foto hitam dan putih tapi pada subjek yang salah, bisa menjadi buruk.Cahaya dramatis yang datang dari satu arah bisa membuat landscape terlihat bagus, tapi dari arah lain padawaktu yang berbeda, cahaya itu bisa terlihat buruk karena bayangan berada pada tempat yang salah, misalnya.

Juga, cahaya dramatis bisa menjadi tantangan untuk exposure, terutama jika Anda memiliki area besar yang gelap karena bayangan (bisa jadi bayangan yang sangat besar atau banyak bayangan di tekstur).Kamera Anda akan melihat area gelap itu dan sering meng-overcompensate-nya dan menimbulkan area penting yang disinari matahari overexposed. Cahaya dramatis bisa kehilangan efeknya saat ini terjadi. Anda mungkin perlumeng-underexpose scene ini supaya bisa menahan dramanya. Namun, ini bukan berarti memotret otomatis dengan banyak under exposure juga itu bisa membuat foto hitam dan putih menjadi sangat kusam dan keruh.

BACKLIGHT

Backlight merupakan sesuatu yang perlu di ajak berteman jika Anda ingin sukses dengan fotografi landscape hitam dan putih. Bukan berarti backlight merupakan satu-satunya cahaya yang bisa digunakan dalam karya ini. Maksudnya, backlight bisa menawarkan banyak keuntungan untuk foto hitam dan putih, dan sudah digunakan lama dalam fotografi landscape hitam dan putih yang efektif.

Banyak aspek cahaya dramatis juga diaplikasikan pada backlight. Saat matahari bersinar terang, backligt bisa menjadi sangat dramatis. Backlight menciptakan bayangan yang berani, kilauan pada air, dan tekstur yang kuat. Tapi backlight juga membantu saat cahaya lebih lembut. Cahaya lembut bisa menantang untuk digunakan dalam foto hitam dan putih. Dengan mencari backlight pada kondisi-kondisi sepertiitu, sering kali Anda bisa mendapat kontras yang diperlukan.

Hati-hati dengan background Anda yang ada backlightnya. Hindari area kosong yang besar dan langit. Hindari area besar yang ter overexposed. Dan waspada terhadap glare (cahaya yang silau) dan flare.

Kadang, tidak peduli dengan apa yang Anda lakukan, Anda tidak bisa menghindari flare. Tapi Anda bisa juga menggunakan flare untuk efek yang bagus. Coba bergerak sedikit untuk melihat apakah Anda bisa menempatkan flare itu di bagian gambar yang tidak membuat nya jelek dan malah membuatnya keren.

SILUET

Siluet terutama efektif dalam fotografi hitam dan putih. Sebuah siluet mendefinisikan komposisi dengan menaruh objek gelap di foreground berlawanan dengan background-nya yang terang.

Ada duahal yang harus Anda perhatikan dengan siluet: objek foreground dan exposure. Anda tidak bisa hanya menyiluetkan objek Anda perhatikan seperti apa tampilannya dan sudut apa yang membuat siluet itu terlihat paling bagus.

Exposure selalu bermasalah dalam siluet. Anda perlu berhati-hati untuk tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit memberikan exposure. Terlalu banyak exposure akan membuat subjek dan backgroundnya terlaluterang, dan akan kehilangan efek siluetnya. Terlalu sedikit exposure, backgroundnya akan gelap, dan Anda juga akan kehilangan efeknya. Kamera Anda bereaksi pada kecerahan pemandangan itu. Jika banyak bayangan kamera akan cenderung memberikan terlalu banyak exposure, jika Anda perlu memaksannya untuk memberikan lebih sedikit (Anda bisa gunakan minus exposure compensation dengan auto exposure).