Kedua kamera diatas memang sering membuat galau pembaca karena banyak persamaannya, tapi jika ditelisik lebih jauh, perbedaannya banyak sekali. Persamaan kedua kamera jenis kamera mirrorless, berukuran compact dengan harga yang kini dibawah 10 juta.

Sony A6000 vs Panasonic GX85

Selanjutnya, Sony A6000 vs Panasonic GX85, perbedaannya cukup banyak. Dari segi fundamental, ukuran sensor gambar kedua kamera berbeda. Sony A6000 memiliki sensor APS-C sedangkan Panasonic GX85 memiliki sensor four thirds. Artinya ukuran sensor gambar Sony lebih besar, akibatnya resolusi lebih tinggi (24 vs 16MP) dan saat foto di ISO tinggi (kondisi gelap) sedikit lebih baik.

Selanjutnya, Sony A6000 memiliki kinerja autofokus yang cepat untuk subjek bergerak terutama di kondisi cahaya yang terang/outdoor dan 82 gram lebih ringan. Harga kamera ini juga telah turun ke sekitar 6.5 juta body only, sedangkan Panasonic GX85 dijual dengan harga 9.5 juta tapi sudah dengan lensa zoom mungil 12-32mm f/3.5-5.6.

Sony A6000 vs Panasonic GX85

Sampai disini, sepertinya keunggulan Sony A6000 tak terbendung, tapi secara fitur, Panasonic GX85 lebih banyak dan canggih, misalnya punya built-in stabilization 5-axis di dalam kamera yang berguna sekali untuk memotret di kondisi gelap untuk subjek bergerak dan merekam video supaya tidak shake (getar) tanpa tripod.

Mengoperasikan GX85 juga lebih mudah dengan adanya layar LCD touchscreen untuk menentukan autofokus, memotret seperti ponsel, dan untuk navigasi menu. Untuk menu-menunya juga lebih rapi dan mudah dipahami.

Fitur andalan lain dari GX85 yaitu memiliki sensor four thirds tanpa AA filter sehingga saat di zoom ke pixel level terlihat lebih tajam, mendukung shutter electronic yang senyap sampai dengan 1/16000 detik.

Sony A6000 vs Panasonic GX85

Pilihan sistem lensa micro four thirds lebih banyak dan bervariasi harganya karena sudah lebih lama dikembangkan, dan adanya kerjasama dengan Olympus dan beberapa produsen lensa lain seperti Sigma, Voigtlaender dan Kowa memperkaya koleksi lensa dari yang lebar sampai supertelefoto.

Pada dasarnya, kedua kamera cukup fleksibel untuk berbagai jenis fotografi, tapi pilihan terbaik tergantung dari jenis fotografi yang disukai masing-masing. Jika senang motret fotografi aksi seperti satwa liar, olahraga, maka Sony A6000 unggul karena kinerja autofokus trackingnya. Sedangkan untuk foto sehari-hari, travel, dan terutama untuk video, GX85 lebih unggul dan menyenangkan untuk digunakan.