Foto Model Outdor dengan lighting Profetional

Raficom Rental, Tehnik foto Outdor, Rental Kamera jogja, Sewa Kamera jogja

 

Berbicara foto model outdoor, pastilah kita harus diskusikan tentang sumber cahaya yang tepat. Perdebatan yang paling sering terdengar adalah apakah sebaiknya menggunakan sumber cahaya tambahan, seperti flash, atau lampu, atau pencahayaan sudah cukup? mari kita ulas bersama sama..

 

Keunggulan Mengguknakan flash

 

Sewa kamera jogja, Teknik foto outdor, Rental kamera

Teknik foto menggunakan flash pada saat pemotretan model sangatlah luas dan dalam. Jika sang fotografer telah menguasai teknik penggunaan flash, maka seakan2 sebuah pintu menuju ke dunia baru terbuka untuknya. Sang fotografer sekarang mampu menciptakan dan mengontrol sumber cahaya dari segi sudut, kekuatan, dan kualitas dari cahaya tersebut.

 

Teknik foto menggunakan flash pada saat pemotretan model sangatlah luas dan dalam. Jika sang fotografer telah menguasai teknik penggunaan flash, Teknik Foto Outdor –  seakan2 sebuah pintu menuju ke dunia baru terbuka untuknya. Sang fotografer sekarang mampu menciptakan dan mengontrol sumber cahaya dari segi sudut, kekuatan, dan kualitas dari cahaya tersebut.

Namun secara singkat, yang kita ingin capai dengan menggunakan flash adalah, untuk menambah estetika dari foto model anda. Sang model tentunya akan terlihat lebih menawan jika lighting nya membantu untuk memunculkan dimensi dari lekukan tubuhnya. Misalnya anda ingin menonjolkan tubuh sang model, tambahkan flash dari belakang model (backlit) agar akan ada aksen yang menghias pinggiran siluet tubuh sang model agar lebih jelas dan terbentuk.

Dengan menambahkan soft box atau membias cahaya dari flash, kita dapat menciptakan lighting yang berkualitas lembut (soft lighting). rental kamera – Ini biasanya sangat dianjurkan untuk pemotretan close-up di bagian wajah, karena akan membantu kulit model untuk terlihat lebih mulus.

Keuntungan dari menggunakan flash adalah kita memegang kendali dari situasi pencahayaan secara keseluruhan. Matahari terlalu terik? Tidak masalah. Mendung? Bisa diatasi. Bahkan kita dapat memanipulasi cahaya flash sehingga tampak natural dan terlihat seperti matahari pada saat sunset. Sangat berguna bukan?

 

Keuntungan menggunakan Natural Light

 

Raficom Rental Kamera, Teknik Foto outdor, Rental kamera

Natural light atau biasa disebut juga “ambient light” adalah pencahayaan yang didapatkan pada tempat pemotretran seadanya, tanpa tambahan atau bantuan cahaya dari sumber artifisial, hanya dari matahari saja. Keuntungan yang paling utama adalah sang fotografer tidak lagi perlu menyediakan flash untuk pemotretan tersebut. Sebagai seorang fotografer, tentunya banyak hal yang harus disediapkan sebelum turun ke medan perang, seperti kamera, baterai, konsep, props, dan banyak lainnya. Mengandalkan cahaya natural saja dapat meringankan pikiran sang fotografer.

Keuntungan lainnya adalah foto yang dihasilkan akan tampak natural dan asli, tanpa banyak rekayasa. Hal ini sekarang sering dicari oleh client, maka sang fotografer perlu menguasainya. Pemotretan pada suatu lokasi yang populer, biasanya perlu untuk tidak menggunakan lighting tambahan, agar suasana dari lokasi tersebut dapat terekam pada gambar anda secara murni. Raficom Rental

Walaupun ada keterbatasan jika hanya mengutamakan natural light dalam pemotretan, tetapi kita tetap bisa berkreasi dengan mengandalkan arah jatuhnya matahari. Pemotretan outdoor bagusnya dijadwalkan pada pagi atau sore hari, di mana matahari masih ada di dekat horizon. Kualitas dari sinar matahari akan menjadi lembut, dan kita dapat memaksimalkan cahaya matahari yang datang dari arah yang tepat. Pada siang hari, matahari berada tepat di atas kita. Hal ini akan menimbulkan bayangan yang kurang baik pada wajah model anda, dan terik matahari akan membuat foto anda menjadi terlalu kontras dan kurang unik. Sewa Kamera jogja

 

Tips untuk menggunakan flash pada saat pemotretan model outdoor:

  • Usahakan agar kualitas cahaya flash itu lembut dengan menggunakan diffuser seperti soft box, atau payung putih.
  • Coba gunakan gel untuk merubah warna flash menjadi lebih kekuningan/keemasan untuk menyerupai cahaya matahari.
  • Coba gunakan flash dari angle2 yang berbeda seperti side-lighting atau backlighting.
  • Maksimalkan kekuatan dari flash agar dapat meredam cahaya natural sekitar, agar merubah “mood” dari lokasi tersebut. Teknik Foto Outdor

 

Tips untuk meng-maksimalkan penggunaan cahaya natural pada saat pemotretan outdoor:

  • Pada pagi/sore hari, posisikan model supaya matahari menjadi backlight. Lalu gunakan reflektor dari 45 derajat di depan model untuk memantulkan cahaya matahari ke wajah model sebagai pencahayaan utama.
  • Pada siang hari, cobalah mencari tempat/spot yang teduh untuk melakukan pemotretan.
  • Jika matahari sangat mengganggu di spot yang anda inginkan, cobalah menutupi matahari dengan menggunakan reflektor. Teknik ini tentunya hanya berguna jika anda menggunakan lensa tele dan melakukan foto close-up.
  • Cobalah sesekali menjadikan matahari sebagai sumber cahaya yang utama. Jika terlalu terik, cobalah mengatur pose model agar tidak melihat langsung ke arah matahari.